Mata Kuliah Wajib Program Studi |
1 |
PD 21101 |
Kajian dan Pengembangan Kurikulum |
2 |
|
Mata kuliah ini membahas tentang Konsep Dasar Kurikulum, Kedudukan Kurikulum dalam Sisdiknas, MBS dan Pembelajaran, Pengembangan dan struktur kurikulum SD, Landasan Filosofis Kurikulum pendidikan dasar, Perencanaan Kurikulum, Pola Organisasi Materi pada mata pelajaran IPA, IPS, Bahasa, Matematika, PKn, SBdP, tematik integratif, penerapan evaluasi kurikulum pendidikan dasar dan pengembangan silabus dan RPP. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan meliputi, diskusi, presentasi, makalah dan studi lapangan. |
2 |
PD 21102 |
Psikologi Pendidikan dan Perkembangan |
3 |
|
Mata kuliah ini membahas konsep-konsep tentang: Pengertian, sejarah, dan batasan psikologi pendidikan, Kedudukan Psikologi pendidikan di sekolah dan Ruang lingkup Psikologi pendidikan, Faktor-faktor yang mempengaruhi perbedaan individual (faktor keturunan dan lingkungan; faktor kognitif, afektif, dan psikomotor. aspek kecakapan dan kepribadian), Teori perbedaan individu dari Hippocrates- Galenus, Kretschmer, C. G. Jung dan E. Spranger, Belajar, masalah belajar, dan faktor yang mempengaruhi proses dan hasil belajar, Teori belajar Koneksionisme, Teori belajar Classical Conditioning, dan Teori belajar Operant Conditioning, Teori belajar Gestalt, Teori belajar Medan, dan Teori belajar Humanistik, Pertumbuhan dan perkembangan, serta faktor yang mempengaruhinya, Teori Psikoanalisa (Freud dan Erikson), Teori belajar (Skinner dan Bandura), dan Teori Humanistik (Charlotte, Buhler, Maslow, dan Rogers) serta perannya terhadap perkembangan, Teori Kognitif (Piaget dan Vygotsky), Teori Ekologi, dan Teori Etologi (Lorenz, Bowlby, Hinde) serta perannya terhadap perkembangan, Prinsip-prinsip perkembangan dan implikasinya terhadap pendidikan, Tahapan perkembangan pranatal dan neonatal, Tahapan perkembangan masa kanak-kanak awal dan masa kanak-kanak akhir, Perkembangan masa remaja, dewasa awal, dewasa madya, dan masa lanjut usia |
3 |
PD 21103 |
Statistik |
2 |
|
Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar statistika, distribusi frekuensi, ukuran nilai pusat, regresi linier dan multivariat, korelasi dan kovariansi, probabilitas, distribusi normal, disribusi t-student dan chi-square, interval kepercayaan, estimasi rata-rata dan variansi, uji statistik rata-rata dan variansi. |
4 |
PD 21207 |
Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia SD |
2 |
|
Bahan kajian yang dibahas pada mata kuliah ini antara lain: Tataran bahasa Indonesia: fonologi, morfologi, sintaksis, wacana, semantik; Praktik analisis tataran bahasa Indonesia: fonologi, morfologi, sintaksis, wacana, semantik; Sejarah Satra Indonesia: Sastra Lama, Sastra Baru, Sastra Modern; Teori Sastra Indonesia: Sastra sebagai Karya Seni; Sastra dan Kehidupan; Manfaat Pengajaran Sastra di SD/MI; Sastra Imajinatif dan Nonimajinatif; Peta Cerita; Hakikat dan Metode Puisi; dan Genre Sastra Indonesia: Pantun, Dongeng, Cerpen, Drama. |
5 |
PD 21208 |
Inovasi pembelajaran IPA SD |
2 |
|
Mata kuliah ini membahas tentang Hakikat Ilmu Pengetahuan Alam, Tujuan Pendidikan IPA SD, pengenalan kurikulum IPA SD, aplikasi proses IPA, berbagai strategi pembelajaran IPA, metode dan model pembelajaran IPA yang inovatif, inovasi perangkat pembelajaran IPA SD, pengembangan penilaian pembelajaran IPA SD dan Miskonsepsi IPA SD. |
6 |
PD 21209 |
Inovasi Pembelajaran Matematika SD |
2 |
|
Kajian perkuliahan meliputi: Hakekat matematika sekolah dan implementasinya (metode) dalam pembelajaran; Hakekat siswa mempelajari matematika sekolah dan implementasinya (metode) dalam pembelajaran; Perencaan pembelajaran matematika; Pengelolaan kelas belajar matematika; Pengelolaan sumber belajar matematika; Pengembangan penilaian belajar matematika; dan pengembangan profesi guru matematika. Dalam perkuliahan ini mahasiswa diberi kesempatan dan pelayanan untuk membangun pemahaman dan teori serta mengimplementasikan aspek pembelajaran matematika di SD melalui berbagai kegiatan meliputi: kegiatan ekspositori, diskusi, dan penugasan dosen agar dapat mengembangkan dan menerapkan hakekat dan teori-teori pembelajaran inovatif matematika di SD. |
7 |
PD 212010 |
Inovasi Pembelajaran IPS SD |
2 |
|
Pembahasan pada mata kuliah ini meliputi: Perkembangan kurikulum pendidikan IPS SD, esensi kurikulum IPS SD, isu dan masalah sosial budaya dalam pembelajaran IPS; Mengkaji materi-materi pembelajaran IPS SD berdasarkan kurikulum terbaru; Rancangan model-model pembelajaran konsep dasar IPS sesuai dengan tuntutan kurikulum dan perkembangan peserta didik dan menerapkan keterampilan dasar IPS dalam pelaksanaan tugas sebagai guru dalam kehidupan bermasyarakat, termasuk konsep dasar IPS terpadu (pendekatan, metode, media serta pemanfaatan sumber belajar IPS); penilaian dalam pembelajaran IPS SD (proses dan hasil belajar). |
8 |
PD 21211 |
Inovasi Pembelajaran PKn SD |
2 |
|
Mata kuliah ini membahas tentang karakteristik Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di SD. Pebahasan pada mata kuliah ini meliputi: struktur keilmuan PKn SD, konsep dasar PKn, modelmodel pengembangan pembelajaran PKn, pengembangan perangkat pembelajaran PKn SD, termasuk pengembangan silabus dan RPP serta penerapannya dalam pembelajaran PKn SD, pengembangan perangkat penilaian PKn termasuk prinsip-prinsip penilaian PKn, Teknik Penilaian PKn, Pengembangan penilaian ranah tiga domain. |
9 |
PD 21212 |
Inovasi Pembelajaran SBdP SD |
2 |
|
Mata kuliah ini membahas tentang karakteristik seni budaya dan prakarya di sekolah dasar, kerangka pengembangan kurikulum seni budaya sekolah dasar sesuai dengan tantangan era 4.0 dimana penguasaan dan pemanfaatan teknologi menjadi bagian dari pembelajaran, pengembangan perangkat pembelajaran SBdP SD, termasuk pengembangan silabus dan RPP serta penerapannya dalam pembelajaran pembelajaran seni budaya dan prakarya, pengembangan perangkat penilaian SBdP, dan kontekstualisasi pembelajaran SBdP sesuai dengan kondisi lingkungan dan peserta didik. |
10 |
PD 21213 |
Metodologi Penelitian Pendidikan |
2 |
|
Mata kuliah ini membahas tentang pendekatan ilmiah, jenis-jenis penelitian pendidikan, masalah penelitian pendidikan, metode-metode penelitian dalam bidang pendidikan, subjek penelitian, instrumen penelitian, analisis data dan Interpretasinya. Kegiatan perkuliahan yang dilakukan terdiri atas beberapa bentuk, yakni: kuliah, penugasan, presentasi dan diskusi di kelas, dan seminar. |
11 |
PD 21314 |
Assesmen Pembelajaran |
2 |
PD 21101 |
Mata Kuliah ini membahas kajian tentang pengertian, konsep, tujuan, fungsi, prinsip, dan prosedur asesmen, taksonomi hasil belajar kognitif, afektif, psikomotor, strategi asesmen, strategi dan perangkat penialaian non tes, reliabilitas dan validitas, analisis butir soal, penilaian afektif, penilaian psikomotor, evaluasi dan pelaporan bentuk-bentuk instrumen asesmen, rubrik, analisis dan interpretasi hasil asesmen, asesmen berbasis kelas, asessmen untuk keterampilan proses sains dan sikap ilmiah (termasuk karakter). |
12 |
PD 21315 |
Teori dan Pengembangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital di SD |
2 |
|
Mata kuliah ini membekali mahasiswa dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis teknologi digital dan berbagai platform pembelajaran berbasis online di SD. Mata kuliah ini membahas tentang hakikat pembelajaran berbasis teknologi digital, pola pembelajaran berbasis teknologi digital di SD, pengembangan perangkat pembelajaran untuk menunjang pembelajaran berbasis teknologi digital di SD, berbagai platform yang digunakan dalam pembelajaran berbasis online dan implementasi pembelajaran berbasis teknologi digital di SD. |
13 |
PD 21316 |
Seminar Proposal Tesis |
2 |
PD 21213 |
Mata kuliah ini membahas presentasi proposal tesis yang disampaikan oleh mahasiswa. Dalam forum tersebut mahasiswa yang hadir didorong untuk berpartisipasi aktif mengkritisi dan memberi masukan untuk menyempurnakan proposal tesis yang dipresentasikan. Selain itu hal penting yag perlu diperhatikan yaitu masukan-masukan dari dosen pengampu/dosen pembimbing atau calon pembimbing. Masukan-masukan tersebut menjadi bahan untuk melakukan revisi dan penyempurnaan proposal. |
14 |
PD 21317 |
Tesis |
6 |
PD 21316 |
|
Mata Kuliah Wajib Fakultas dan Universitas |
1 |
DIR 21101 |
Filsafat Ilmu |
2 |
|
Mata kuliah ini membahas tentang berbagai cara dalam memperoleh pengetahuan, kemampuan dan keterampilan ilmiah dengan menerapkan penalaran filosofis dan kritis-logis; tidak mengabaikan keterbatasan ilmu dan metode-metode ilmiah dan batasan batasan moral dan sosialnya dalam memperoleh dan memanfaatkan pengetahuan. Berbagai bahan kajian yang dibahas pada mata kuliah ini antara lain yaitu tentang ontologi, epistemologi, dan aksiologi ilmu dalam konstelasi berbagai pengetahuan lainnya, serta perkembangan pengetahuan ilmiah. Pembahasan tentang ontologi ilmu difokuskan pada unsur realitas empirik (empiricism) seperti fakta, data, dan informasi tanpa melepaskannya dari realitas rasional (rationalism), serta kedudukannya dalam kegiatan ilmiah. Epistemologi ilmu difokuskan pada metode ilmiah dan operasionalisasinya dalam metodologi penelitian. Aksiologi ilmu membahas nilai-nilai yang terkait dengan kegiatan keilmuan baik secara internal, eksternal, maupun sosial. |
2 |
UST 21101 |
Ketamansiswaan |
2 |
|
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang menjadi penciri UST sebagai perguruan tinggi Tamansiswa yang didirikan langsung oleh Ki Hadjar Dewantara. Mata kuliah ini membahas tentang konsep ajar Tamansiswa, keadaan rakyat pada zaman colonial, menguraikan kegiatan Seloso Kliwonan, menggambarkan latar belakang berdirinya Tamansiswa, istilah-istilah dalam Tamansiswa, Perjuangan Ki Hadjar Dewantara dalam bidang Jurnalis, politik, Kebudayaan dan Pendidikan serta menganalisis Fatwa Hidup Merdeka menurut Ki Hadjar Dewantara |
Mata Kuliah Pilihan |
1 |
PD 21104 |
Bahasa Inggris |
2 |
|
Mata kuliah ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan dan keterampilan berbahasa asing khususnya Bahasa Inggris dalam konteks pengetahuan dan persoalan pendidikan dasar, baik yang bersifat konseptual maupun prosedural melalui ragam bentuk ekspresi dan keterampilan: listening, speaking, reading dan writing. |
2 |
PD 21105 |
Penulisan Artikel Publikasi |
2 |
|
Mata kuliah ini membahas tentang teori dan praktik menulis karya ilmiah. Garis besar materi meliputi komunitas wacana ilmiah, penulisan ilmiah, analitis- argumentatif (teori dan praktik), pengajaran menulis karya ilmiah, evaluasi menulis karya ilmiah, penelitian dalam penulisan karya ilmiah, serta publikasinya. |
3 |
PD 21106 |
Manajemen Stratejik ke SD an |
2 |
|
Mata kuliah ini membahas proses atau rankaian kegiatan pengambilan keputusan yang bersifat mendasar dan menyeluruh, disertai penetapan cara melaksanakannya, dibuat oleh manajemen puncak dan diimplementasikan pada seluruh jajaran di dalam suatu organisasi sekolah (SD) untuk mencapai tujuan. Mata kuliah ini juga mambahas usaha manajerial meumbuhkembangkan kekuatan organisasi sekolah untuk mengeksploitasi peluang yang muncul guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan sesuai dengan misi yang telah ditentukan, serta eningkatkan mutu sesuai dengan tuntutan dan perubahan pasar, dengan tetap mengembangkan IT sebagai dasar pertimbangan kemajuan dunia pendidikan |